Minggu, 19 Mei 2013

SOSIOLOGI KOMUNIKASI





         Sosiologi komunikasi merupakan kekhususan sosiologi dalam mempelajari interaksi sosial yaitu suatu hubungan atau komunikasi yang menimbulkan proses saling pengaruh-mempengaruhi antara para individu, Individu dengan kelompok maupun antar kelompok. Menurut Kami, Sosiologi komunikasi juga ada kaitannya dengan public speaking, yaitu bagaimana seseorang berbicara kepada publik.
            Komunikasi mempelajari tentang interaksi sosial dengan segala aspek yang berhubungan dengan interaksi tersebut bagaimana interaksi tersebut dilakukan dengan menggunakan media, bagaimana efek media sebagai akibat dari interaksi tersebut, sampai dengan bagaimana perubahan-perubahan sosial di masyarakat yang didorong oleh efek media berkembang serta konsekuensi sosial macam apa yang ditanggung masyarakat sebagai akibat dari perubahan yang didorong oleh media massa itu.
Komunikasi didalam masyarakat dibagi dalam 5 jenis :
1.    Komunikasi individu dengan individu.
2.    Komunikasi kelompok.
3.    Komunikasi Organisasi.
4.    Komunikasi Sosial.
5.    Komunikasi Massa.
Komunikasi antar Pribadi adalah komunikasi antar perorangan dan bersifat pribadi baik yang terjadi secara langsung ataupun tidak langsung.
Komunikasi kelompok memfokuskan pembahasannya kepada interaksi diantara orang-orang dalam kelompok kecil.
Komunikasi organisasi menunjuk pada pola dan bentuk komunikasi yang terjajdi dalam konteks dan jaringan organisasi. Komunikasi organisasi melibatkan bentuk-bentuk komunikaksi antar pribadi dan kelompok.
Komunikasi sosial adalah salah satu bentuk komunikasi yang lebih intensif, dimana komunikasi terjadi secara langsung antar komunikator dan komunikan, sehingga situasi komunikasi berlangsung dua arah dan lebih diarahkan kepada pencapaian situasi integrasi sosial, melalui kegiatan ini terjadilah aktualisasi dari berbagai masalah yang dibahas.
Komunikasi massa menurut Mc Quail adalah komunikasi yang berlangsung pada tingkat masyarakat yang luas. Pada tingkat ini komunikasi dilakukan dengan menggunakan media massa. Ciri-ciri utama komunikasi massa :
1.    Sumbernya adalah organisasi formal dan pengirimnya adalah profesional
2.    Pesannya beragam dan dapat diperkiarakan
3.    Pesan diproses dan distandarisasikan
4.    Pesan sebagai produk yang memiliki nilai jual dan makna simbolik
5.    Hubungan antara komunikan dan komunikator berlangsung satu arah
6.    Bersifat impersonal non moral dan kalkulatif

Tidak ada komentar:

Arsip Senkom Balongbendo


Entri Populer

. Senkom Mitra Polri Kecamatan Balongbendo: SOSIOLOGI KOMUNIKASI