Sosiologi komunikasi merupakan kekhususan sosiologi dalam mempelajari interaksi sosial yaitu suatu hubungan atau komunikasi yang menimbulkan proses saling pengaruh-mempengaruhi antara para individu, Individu dengan kelompok maupun antar kelompok. Menurut Kami, Sosiologi komunikasi juga ada kaitannya dengan public speaking, yaitu bagaimana seseorang berbicara kepada publik.
Komunikasi mempelajari tentang
interaksi sosial dengan segala aspek yang berhubungan dengan interaksi tersebut
bagaimana interaksi tersebut dilakukan dengan menggunakan media, bagaimana efek
media sebagai akibat dari interaksi tersebut, sampai dengan bagaimana
perubahan-perubahan sosial di masyarakat yang didorong oleh efek media
berkembang serta konsekuensi sosial macam apa yang ditanggung masyarakat
sebagai akibat dari perubahan yang didorong oleh media massa itu.
Komunikasi
didalam masyarakat dibagi dalam 5 jenis :
1. Komunikasi
individu dengan individu.
2. Komunikasi
kelompok.
3. Komunikasi
Organisasi.
4. Komunikasi
Sosial.
5. Komunikasi
Massa.
Komunikasi
antar Pribadi adalah komunikasi antar perorangan dan bersifat pribadi baik yang
terjadi secara langsung ataupun tidak langsung.
Komunikasi
kelompok memfokuskan pembahasannya kepada interaksi diantara orang-orang dalam
kelompok kecil.
Komunikasi
organisasi menunjuk pada pola dan bentuk komunikasi yang terjajdi dalam konteks
dan jaringan organisasi. Komunikasi organisasi melibatkan bentuk-bentuk
komunikaksi antar pribadi dan kelompok.
Komunikasi
sosial adalah salah satu bentuk komunikasi yang lebih intensif, dimana
komunikasi terjadi secara langsung antar komunikator dan komunikan, sehingga
situasi komunikasi berlangsung dua arah dan lebih diarahkan kepada pencapaian
situasi integrasi sosial, melalui kegiatan ini terjadilah aktualisasi dari
berbagai masalah yang dibahas.
Komunikasi
massa menurut Mc Quail adalah komunikasi yang berlangsung pada tingkat
masyarakat yang luas. Pada tingkat ini komunikasi dilakukan dengan menggunakan
media massa. Ciri-ciri utama komunikasi massa :
1. Sumbernya
adalah organisasi formal dan pengirimnya adalah profesional
2. Pesannya
beragam dan dapat diperkiarakan
3. Pesan
diproses dan distandarisasikan
4. Pesan
sebagai produk yang memiliki nilai jual dan makna simbolik
5. Hubungan
antara komunikan dan komunikator berlangsung satu arah
6. Bersifat
impersonal non moral dan kalkulatif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar