Kamis, 11 Januari 2024

Kepala BNPB dan DPR RI Turun ke Lokasi Banjir Dayeuhkolot, Berikan Dukungan dan Koordinasi


Senkom Mitra Polri News | Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, S. Sos., M.M. bersama jajaran pejabat tinggi BNPB dan Dr. Tubagus Ace Hasan Syadzily, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, melakukan peninjauan di Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Senin (15/1). Lokasi ini sebelumnya terdampak banjir hebat akibat luapan sungai Citarum dan sungai Cikaro pada Kamis (11/1).

Dalam kunjungannya, Letjen TNI Suharyanto menyampaikan tujuannya untuk memastikan keterlibatan pemerintah pusat dalam penanganan bencana, seiring arahan dari Presiden Joko Widodo.

Saat tiba di lokasi, Kepala BNPB memimpin rapat koordinasi bersama Bupati Bandung, Pangdam III/Siliwangi, dan perwakilan Forkopimda Kabupaten Bandung. Beliau memberikan arahan, termasuk percepatan perbaikan tanggul yang rusak akibat banjir.

Selanjutnya, diinstruksikan pengerukan dan pendalaman sungai untuk meningkatkan kapasitas tampung air selama musim hujan.

Meski sebagian besar air telah surut, Suharyanto mengingatkan masyarakat dan pemerintah daerah tetap waspada terhadap potensi hujan berikutnya yang dapat menyebabkan banjir.

Dalam upaya mengurangi potensi bencana akibat hujan tinggi, BNPB bersama instansi terkait terus berupaya melaksanakan operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC) guna mengurangi intensitas hujan di suatu wilayah.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Tubagus Ace Hasan Syadzily, menyatakan sebagai mitra kerja BNPB, penting bagi dirinya untuk melihat langsung penanganan bencana di lokasi terdampak.

Suharyanto dan rombongan kemudian meninjau lokasi terdampak banjir, berdiskusi dengan warga, serta memberikan bantuan langsung seperti paket sembako dan hygiene kit kepada warga terdampak.

Dalam rangka mempercepat penanganan bencana, BNPB secara simbolis memberikan dukungan dana siap pakai sebesar 350 juta rupiah yang diserahkan oleh Tubagus Ace Hasan Syadzily. Selain itu, diserahkan juga bantuan logistik dan peralatan seperti Perahu PE dan Mesin 1 Set, Makanan Siap Saji 500 pouch, Matras 500 lembar, Sembako 200 paket, Tenda Gulung/Terpal 250 lembar, Air Mineral 600ml 500 dus, Hygiene Kit 500 paket, dan Selimut 500 pcs yang diterima oleh Bupati Bandung Dadang Supriatna dan Kalaksa BPBD Kabupaten Bandung Suska Puji Utama.(Agus.C)

Tidak ada komentar:

Arsip Senkom Balongbendo


Entri Populer

. Senkom Mitra Polri Kecamatan Balongbendo: Kepala BNPB dan DPR RI Turun ke Lokasi Banjir Dayeuhkolot, Berikan Dukungan dan Koordinasi